Home Berita Interlude Studium Generale 2024: Menjadi Pemimpin Masa Depan

Interlude Studium Generale 2024: Menjadi Pemimpin Masa Depan

98
0
SHARE

KEDIRI – Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri menyelenggerakan Interlude Studium Generale. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Objek dari kegiatan Interlude Studium Generale adalah mahasiswa baru. Mahasiswa baru perlu mendapat asupan pengetahuan perihal, sistem perkuliahan di Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri. Pengetahuan dasar sistematika perkuliahan ini perlu di sosialisasikan agar proses perkuliahan berjalan lancar. Program strata dua yang akan ditempuh mahasiswa baru selama kurun waktu dua tahun, tentu memerlukan sebuah desain perencanaan yang jelas dan tersusun dengan apik. Oleh karena itu Interlude Studium Generale menjadi agenda atau program rutin Pascasarjana agar proses perkuliahan mahasisa baru berjalan dengan lancar sesuai tujuan yang telah ditetapkan.

Interlude Studium Generale dihadiri oleh segenap pimpinan Pascasarjana, yakni Dr. H. Abbas Sofwan ML, LL.M. selaku direktur Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo, Dr. Tri Prasetiyo Utomo, M.Pd.I. Kaprodi S2 Pendidikan Agama Islam. Dr. Marita Lailia Rahman, M.Pd.I. Kaprodi S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sementara dari jajaran Rektorat turu hadir, Dr. H. Badrus, M.Pd. wakil rektor I bagian akademik, Dr. Jauhar Fuad, M.Pd. wakil rektor II bagian keuangan, dan Yasin Nurfalah, M.Pd.I. wakil rektor III bagian kemahasiswaan. Sedangkan narasumber utama pada kegiatan Interlude Studium Generale, yakni Dr. Suko Susilo, M.Si.

Kegiatan Interlude Studium Generale dapat terselenggera dengan lancar berkat kerjasama Tim Pascasarjana Univerisitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Dosen Pascasarjana, Rektor, dan jajarannya serta pihak-pihak lain yang turut membantu atas terselenggeranya kegiatan ini. Oleh karenanya Direktur Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo dalam sambutan pembukaannya memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa baru untuk melaksanakan setiap program akademik kampus dengan penuh tanggungjawab dan disiplin. Sementara pada kesempatan yang sama, wakilm rektor I bagian akademik memberikan wejangannya, bahwa kuliah di Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri merupakan anugerah yang luar biasa. Anugerah tersebut berupa, salah-satu prodi di Pascasarjana mendapat predikat Unggul. Ini menjadi capaian yang sangat luar biasa dan menjadi nilai akademik tersendiri yang patut dibanggakan. Oleh karena itu melalui predikat unggul tersebut gunakan dan manfaatkan untuk mengasah kemampuan, bakat, dan minat saudara melalui proses perkuliahan.

Kegiatan Interlude Studium Generale diselenggerakan di Aula Makhrus Ali. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Januari 2024, diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, baik secara ofline maupun online. Mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Hal ini ditunjukkan dari kontribusi mahasiswa pada session diskusi. Sebagian besar mahasiswa memberikan pertanyaan perihal teknik perkuliahan, perencaaan program kurikulum, dan berapa lama kuliah di pascasarjana ditempuh.

Sedangkan narasumber utama Dr. Suko Susilo menyampaikan materi, pemimpin masa depan. Mahasisawa Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri merupakan calon-calon pemimpin masa depan. Seorang pemimpin harus memiliki bekal kualitas diri berupa nilai kebenaran. Nilai kebenaran tersebut menjadi pegangan pemimpin masa depan dalam mengelola institusi atau lembaganya. Maka bekal pemimpin tidak hanya secarik kertas legitimasi yang dapat digunakan untuk memengaruhi pengikut atau orang lain, tetapi ada nilai kebenaran yang dapat dijadikan teladan bagi orang lain. Melalui nilai kebenaran tersebut, maka pemimpin akan memiliki karisma, pesona, dan mendapat kepercayaan pengikut untuk membawa organisasi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Di akhir session Interlude Studium Generale ditutup dengan panjatan doa, dengan harapan segala aktivitas di Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri senantiasa mendapat rida, petunjuk, dan rahmad dari Allah SWT. Ilmu akan terus berkembang selama ada ketidaksetujuan. Ketidaksetujuan tersebut menjadi ikhtiar ilmuan dalam memgembangkan pengetahuan dan ilmu agar terus dinamis sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo dari Pesantren untuk Bangsa dan Dunia.