Home Berita WORKSHOP UNISMA 2024: STRATEGI MENUJU AKREDITASI INTERNASIONAL DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL

WORKSHOP UNISMA 2024: STRATEGI MENUJU AKREDITASI INTERNASIONAL DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL

127
0
SHARE

MALANG – Akreditasi merupakan proses menjaga kualitas akademik lembaga pendidikan. Melalui akreditasi, sebuah Lembaga pendidikan dapat mengetahui kualitas atau mutu akademiknya. Oleh karena itu akreditasi merupakan kebutuhan Lembaga pendidikan agar terus meningkatkan mutu dan layanan akademiknya. Selain itu akreditasi juga cukup membantu masyarakat atau pengguna layanan jasa pendidikan untuk mengetahui secara umum kualitas Lembaga pendidikan.

Berkenaan dengan akreditasi Pascasarjana Universitas Islam Tribakti mengikuti kegiatan “Workshop Strategi Menuju Akreditasi Internasional dan Sistem Penjaminan Mutu Internal” yang tergabung dalam program kerja Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia (APAISI). Pada kegiatan ini PPS Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri mendelagasikan Dr. Abbas Sofwan MF, S.H.I., LL.M. selaku Direktur. Dr. Tri Prasetiyo Utomo, M.Pd.I. selaku Kaprodi Magister Pendidikan Agama Islam, serta Dr. Marita Lailia Rahman selaku Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Kegiatan “Workshop Strategi Menuju Akreditasi Internasional dan Sistem Penjaminan Mutu Internal” ini memang perlu dilaksanakan. Kegiatan ini memberikan wawasan dalam peningkatan mutu akademik untuk pengembangan Program Pascasarjana untuk menuju akreditasi Internasional. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Pasal 18, bahwa Program Studi wajib memiliki status Terakreditasi Sementara, Terakreditasi, Terakreditasi Unggul, dan Terakreditasi Internasional untuk meluluskan mahasiswa serta menerbitkan ijazah. Oleh karena itu penting bagi pengelola Pascasarjana untuk mengikuti “Workshop Strategi Menuju Akreditasi Internasional dan Sistem Penjaminan Mutu Internal.” Sejauh ini capaian Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri dapat dikatakan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan salah satu Prodi di Pascasarjana mendapat akreditasi Unggul. Capaian ini tentu menjadi prestasi yang cukup menggemberikan, tetapi tidak lantas membuat lupa diri terhadap perubahan dan dinamika perkembangan dunia yang terus berkembang. Oleh karena itu, akreditasi Internasional menjadi tangga yang harus ditapaki setelah akreditasi unggul.

Kegiatan “Workshop Strategi Menuju Akreditasi Internasional dan Sistem Penjaminan Mutu Internal” dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2024 di Gedung Umar bin Khottob Kampus Universitas Islam Malang (UNISMA). Acara tersebut dibuka oleh Rektor sekaligus ketua umum APAISI Prof. Dr. H. Masykuri, M.Si. Pada kesempatan tersebut ketum APAISI menyampaikan pentingnya perguruan tinggi untuk menembus akreditasi Internasional. Acara dilanjut dengan pemaparan narasumber pertama, yakni Prof. Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwapi, M.P. sedangkan pemateri kedua, yakni Prof. Dr. Hj. Mahayu Woro Lestari, M.P. keduanya menyampaikan pentingnya semangat dan motivasi untuk meningkatkan sistem penjaminan mutu internal (SPMI). Dari SPMI tersebut akan dijadikan bahan menuju akreditasi, akreditasi unggul, dan akreditasi Internasional.

“Workshop Strategi Menuju Akreditasi Internasional dan Sistem Penjaminan Mutu Internal” berjalan dengan lancar. Masing-masing delegasi dari perguruan se-Indonesia hadir dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Session terakhir pada kegiatan workshop ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah dengan segenap seluruh peserta yang tergabung dalam Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia (APAISI).