
Definisi Psikologi Pendidikan Islam, Tujuan dan Manfaat Psikologi Pendidikan Islam.
Berikut adalah definisi psikologi pendidikan menurut para pakar yang umum dijadikan rujukan dalam dunia akademik:
1. Slavin (2006)
“Educational psychology is the study of learners, learning, and teaching.”
Artinya: Psikologi pendidikan adalah studi tentang peserta didik, proses belajar, dan pengajaran.
2. Woolfolk (2010)
“Educational psychology is the study of how people learn and retain knowledge, primarily in educational settings like classrooms.”
Artinya: Psikologi pendidikan adalah studi tentang bagaimana orang belajar dan mempertahankan pengetahuan, terutama di lingkungan pendidikan seperti ruang kelas.
3. Crow & Crow (1958)
“Educational psychology describes and explains the learning experiences of an individual from birth through old age.”
Artinya: Psikologi pendidikan menggambarkan dan menjelaskan pengalaman belajar individu sejak lahir hingga usia tua.
4. B.F. Skinner
“Educational psychology is the application of psychological findings in the field of education.”
Artinya: Psikologi pendidikan adalah penerapan temuan psikologis dalam bidang pendidikan.
5. Jean Piaget
“Educational psychology helps understand the cognitive development of learners at various stages, which is essential for effective teaching.”
Artinya: Psikologi pendidikan membantu memahami perkembangan kognitif peserta didik pada berbagai tahap, yang sangat penting untuk pengajaran yang efektif.
6. Charles E. Skinner (1964)
“Educational psychology deals with the behavior of human beings in educational situations.”
Artinya: Psikologi pendidikan membahas perilaku manusia dalam situasi pendidikan.
7. Hilgard (1962)
“Educational psychology is the study of those facts and principles of psychology which help to explain and improve the process of education.”
Artinya: Psikologi pendidikan adalah studi mengenai fakta dan prinsip psikologi yang membantu menjelaskan dan memperbaiki proses pendidikan.
8. Whittaker (1970)
“Educational psychology is the study of the psychological aspects of education, particularly the learning process and the psychological problems associated with the teaching and training of students.”
Artinya: Psikologi pendidikan adalah studi mengenai aspek psikologis pendidikan, khususnya proses belajar dan masalah psikologis yang berkaitan dengan pengajaran serta pelatihan peserta didik.
Kesimpulan Umum
Secara umum, psikologi pendidikan merupakan cabang psikologi yang fokus pada pemahaman proses belajar-mengajar, termasuk:
• Perilaku siswa dan guru,
• Motivasi belajar,
• Perkembangan kognitif dan emosional,
• Perbedaan individual,
• Serta strategi pembelajaran efektif.
Ilmu ini menjadi dasar dalam merancang pendidikan yang sesuai dengan tahap perkembangan dan kebutuhan siswa, sekaligus membantu guru menjadi fasilitator belajar yang lebih efektif.
Definisi Psikologi Pendidikan Islam menuru para Pakar.
Berikut adalah definisi Psikologi Pendidikan Islam menurut para pakar, yang menggabungkan konsep psikologi, pendidikan, dan nilai-nilai Islam:
1. Zakiah Daradjat
“Psikologi pendidikan Islam adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala kejiwaan individu dalam proses belajar mengajar dengan berlandaskan ajaran Islam.”
Penjelasan: Psikologi pendidikan Islam tidak hanya fokus pada aspek mental dan emosional siswa, tetapi juga memperhatikan nilai-nilai ruhani, iman, dan akhlak sebagai bagian dari proses pendidikan.
2. Umar Muhammad al-Toumy al-Syaibany
“Psikologi pendidikan Islam adalah studi tentang jiwa dan tingkah laku manusia dalam konteks pendidikan Islam yang bertujuan membentuk manusia paripurna (insan kamil) berdasarkan ajaran Al-Qur’an dan Sunnah.”
Penjelasan: Tujuan utama pendidikan dalam pandangan Islam adalah membentuk insan kamil yang berakhlak mulia, bukan sekadar cerdas secara intelektual.
3. Muhammad Athiyah al-Abrasy
“Pendidikan Islam adalah pembinaan jasmani dan rohani anak-anak dengan dasar nilai-nilai Islam agar terbentuk kepribadian muslim yang sempurna.”
Relevansi dengan psikologi: Definisi ini menekankan pentingnya pemahaman terhadap aspek psikologis anak didik agar pendidikan menghasilkan kepribadian yang utuh secara spiritual dan sosial.
4. Abuddin Nata
“Psikologi pendidikan Islam merupakan perpaduan antara psikologi dan pendidikan Islam yang bertujuan memahami tingkah laku peserta didik dalam proses pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai wahyu.”
Penjelasan: Fokusnya adalah bagaimana peserta didik berkembang secara mental, emosional, dan spiritual dalam kerangka nilai-nilai Islam.
5. Ahmad Tafsir
“Psikologi pendidikan Islam adalah ilmu yang mempelajari gejala kejiwaan anak didik dalam rangka proses pendidikan untuk membentuk manusia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.”
Penjelasan: Ilmu ini tidak netral, tetapi sarat dengan tujuan spiritual dan pembentukan moral sesuai ajaran Islam.
Karakteristik Psikologi Pendidikan Islam
• Bertumpu pada Al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber utama.
• Mengakui unsur ruhani manusia (bukan hanya akal dan emosi).
• Menekankan akhlak dan pembentukan kepribadian Islami.
• Mengintegrasikan akal, hati, dan iman dalam proses pendidikan.
• Tujuannya adalah mencetak insan kamil yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat.
Kesimpulan
Psikologi Pendidikan Islam adalah ilmu yang mempelajari perkembangan dan perilaku peserta didik dalam proses pendidikan berdasarkan nilai-nilai Islam, bertujuan membentuk manusia yang seimbang secara jasmani, akal, dan ruhani serta berakhlak mulia.
Tujuan dan Manfaat Psikologi Pendidikan Islam.
Berikut adalah tujuan dan manfaat Psikologi Pendidikan Islam secara lengkap, sistematis, dan mudah dipahami:
TUJUAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Tujuan utama psikologi pendidikan Islam berkaitan dengan upaya membina dan mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh, baik dari aspek jasmani, akal, maupun ruhani, dalam kerangka nilai-nilai Islam.
1. Membentuk Kepribadian Islami (Insan Kamil)
• Menumbuhkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia.
• Mendorong terbentuknya pribadi muslim yang seimbang antara dunia dan akhirat.
2. Memahami Perkembangan Peserta Didik
• Mengetahui tahapan perkembangan (fisik, emosional, spiritual) menurut pendekatan Islam.
• Menyesuaikan metode pendidikan dengan tahap perkembangan tersebut.
3. Membantu Proses Belajar yang Efektif
• Menciptakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan fitrah peserta didik.
• Menyediakan pendekatan yang memperhatikan perbedaan individual secara psikologis dan spiritual.
4. Menguatkan Hubungan Ruhani Peserta Didik dengan Allah
• Menjadikan proses pendidikan sebagai sarana pendekatan diri kepada Allah.
• Menumbuhkan kesadaran bahwa belajar adalah ibadah.
5. Mengatasi Masalah Belajar dan Perilaku
• Mengidentifikasi dan menangani hambatan belajar, krisis spiritual, atau penyimpangan moral dengan pendekatan Islami.
MANFAAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Psikologi pendidikan Islam memberikan berbagai manfaat dalam dunia pendidikan, baik bagi guru, siswa, maupun lembaga pendidikan.
1. Bagi Guru / Pendidik
• Membantu memahami karakter, kebutuhan, dan potensi siswa.
• Membimbing siswa dengan pendekatan yang tepat dan bernuansa ruhani.
• Meningkatkan kualitas pengajaran secara spiritual dan psikologis.
2. Bagi Peserta Didik
• Membantu membentuk kepribadian Islami sejak dini.
• Meningkatkan semangat dan motivasi belajar sebagai bentuk ibadah.
• Menumbuhkan rasa percaya diri dan kesadaran tanggung jawab terhadap Allah.
3. Bagi Lembaga Pendidikan
• Menjadi dasar dalam merancang kurikulum dan sistem pembelajaran yang Islami dan holistik.
• Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, manusiawi, dan spiritual.
• Menguatkan visi pendidikan sebagai sarana pembentukan akhlak dan iman, bukan sekadar pencapaian akademik.
Kesimpulan
Psikologi Pendidikan Islam memiliki tujuan utama untuk mengembangkan seluruh potensi manusia menuju pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, serta memfasilitasi proses pendidikan agar berjalan efektif sesuai nilai-nilai Islam.
Ilmu ini memberikan manfaat besar dalam menciptakan pendidikan yang:
• Seimbang antara intelektual dan spiritual,
• Manusiawi dan sesuai fitrah,
• Dan bermuara pada kebahagiaan dunia akhirat.
( Dr Nasrul Syarif M.Si. Penulis Buku Gizi Spiritual dan Dosen Pascasarjana UIT Lirboyo )