Home Berita MONITORING DAN EVALUASI TESIS TAHUN 2024

MONITORING DAN EVALUASI TESIS TAHUN 2024

43
0
SHARE

Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri melakukan monitoring dan evaluasi penyelesaian tesis. Kegiatan monitoring bertujuan mengetahui sejauhmana pengerjaan tesis mahasiswa menjelang ujian tesis. Di sisi lain melalui kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) memberikan motivasi terhadap mahasiswa, menulis tesis bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Kesulitan dalam mengerjakan (menulis tesis) berpangkal dari kurangnya komunikasi dengan pembimbing, minimnya referensi, dan budaya literasi. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleg Direktur Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri Dr. H. Abbas Sofwan Matla’il Fajar, MHI, LLM, bahwa harmonisasi antara mahasisawa dan pembimbing tesis menjadi bagian proses penyelesaian tesis tepat waktu. Pernyataan ini mengandung makna, bahwa mahasiswa mahasiswa memiliki peluang besar dalam menyelesaikan tesis tepat waktu dengan terus menjalin komunikasi dengan pembimbing. Dirtektur juga menegaskan, Pascasarjana siap memberikan peyanan secara online atau bimbingan online agar efektivitas waktu lebih cepat. Ini sebagai wujud transformasi digital yang dilakukan oleh pengelola pascasarjana terhadap kemajuan informasi dan teknologi. Jadi, peluang ini memberikan kepada mahasiswa mengurangi mobile kekampus tetapi tanpa mengurangi komunikasi (bimbingan) dengan dosen pembimbing.

Kegiatan monev Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri dibuka oleh Direktur Dr. H. Abbas Sofwan Matla’il Fajar, MHI, LLM. Pengarahan penulisan tesis di isi oleh Prof. Dr. Suko Susilo, M.Si. Pemaparan materi strategi penyelesaian tesis tepat waktu disampaikan oleh Dr. Tri Prasetiyo Utomo, M.Pd.I. Kaprodi S2 Pendidikan Agama Islam. Kegiatan acara monev dipandu Dr. Marita Lailia Rahman, M.Pd.I. Sementara itu seluruh dosen pembimbing tesis Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri turut hadir. Kehadiran dosen pembimbing digunakan untuk bimbingan dan memberikan pengarahan terhadap mahasiswa yang dibimbing.

Kegiatan monev diselenggerakan oleh Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri untuk mengukur sejauh mana proses penulisan karya ilmiah mahasiwa. Monev memberikan informasi penting terhadap pengelola pascasarjana dan mahasiswa yang sedang menulis tesis. Bagi pengelola Program Pascasarjana (PPS), kegiatan monev untuk mengetahui berbagai kendala mahasiswa dan pembimbing dalam menyelesaikan tesis. Sementara itu, bagi mahasiswa kegiatan ini membuka peluang komunikasi dengan dosen pembimbing agar lebih intensif lagi dalam bimbingan. Dosen pembing juga mendapat kesempatan efektif untuk berkomunikasi dengan mahasiswa bimbingannya.

Kegiatan monev tesis dilaksanakan pada hari ahad, 9 Juni 2024 bertempat di Aula Mahrus Ali Tribakti Lirboyo Kediri. Kegiatan dimulai pukul 08.00 sampai selesai. Peserta monev, seluruh mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri yang sedang melakukan penelitian tesis. Mahasiwa mengikuti kegiatan dengan penuh hikmah. Ini ditunjukkan melalui antusias mereka pada session acara diskusi dan sharing penulisan karya ilmiah digunakan dengan maksimal. Di akhir kegiatan monev ditutup dengan panjatan doa yang dipimpin oleh Drs. H. Halim Mustofa, M.H.I. selaku penjamin mutu Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.