Home Berita Reels 2024 PAI Kelas C : Upaya Program Pascassarjana UIT Lirboyo Membangun...

Reels 2024 PAI Kelas C : Upaya Program Pascassarjana UIT Lirboyo Membangun Technological Capital.

91
0
SHARE

UPAYA PROGRAM PASCASARJANA UINIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI MEMBANGUN
TECHNOLOGICAL CAPITAL

Laporan ini menginformasikan upaya Program Pascasarjana Uiniversitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri membangun technological capital melalui kegiatan Reality Experiental Study. Kegiatan Reality Experiental Study ini berhasil membangun kerjasama dengan perguruan tinggi ternama Universitas Ibnu Khaldun Bogor dan lembaga yang bergerak dalam pendidikan seperti Badan Riset dan Inovasi Nasioan (BRIN) dan Kemenristekdikti.
Ada sejumlah komponen teknologi pendidikan yang dapat kami imput sebagai data pengembangan sebuah pergutuan tinggi. Antara lain, program studi dan jurusan teknik yang dibangun, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, peningkatan kompetensi bidang teknologi, dan sistem informasi akademik yang digalakkan di kampus UIKA.


A. Program Studi
Universitas Ibn Khaldun Bogor terkait technological capital memiliki beberapa jurusan yang mendukung penguatan dan pengembangan teknologi seperti, Teknik mesin, Teknik elektro, Teknik sipil, Teknik informatika, Ilmu lingkungan, serta Rekayasa pertanian dan biosistem. Kesemuanya berperan penting untuk mendukung kemudahan hidup manusia dalam internal maupun eksternal kampus.

Sebagai contoh, Jurusan Teknik Mesin tidak melulu soal mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya. Lebih jauh, jurusan ini mengembangkan diri untuk melakukan pengembangan ilmiah yang mengarah pada teknologi konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, serta integrasi pengendalian mesin melalui jaringan komputer. Teknik Elektro membekali mahasiswa dengan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. Namun juga mengembangkan prodi kearah pembangkit sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi. Teknik Informatika menggunakan teknologi komputer untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Saat ini teknik informatika mengembangkan diri dengan keterampilan merancang perangkat lunak. Ilmu lingkungan menggabungkan ilmu fisika, biologi, kimia, ekologi, ilmu tanah, geologi, sains atmosfer, dan geografi untuk mempelajari lingkungan dan solusi dari permasalahan lingkungan menyediakan pendekatan interdisipliner yang terintegrasi secara kuantitatif untuk mempelajari sistem lingkungan. Rekayasa pertanian merupakan program studi yang mengkombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Program studi ini mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan untuk mencapai swasembada kebutuhan pokok dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dari beberapa program studi yang ada terkait teknik dan teknologi di UIKA Bogor, dapat dipahami bahwa sivitas UIKA serius untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman serta kompetensi di bidang teknologi. Selain itu, jurusan teknik mesin, rekayasa biologi, dan pertanian berupaya keras untuk melakukan pengembangan diberbagai bidang untuk mensiasati menipisnya SDA dan memaksimalkan varian baru sebagai wujud ketahanan pangan.

Teknologi sebagai bagian kehidupan manusia menjadi concern UIKA Bogor. Jurusan-jurusan yang terkait teknologi berupaya memahami dengan baik kebutuhan dan tuntutan manusia dewasa ini. Tidak terkecuali juga, tuntutan akan pengembangan teknologi dalam lembaga pendidikan. UIKA Bogor memfasilitasi hal tersebut dengan beragam teknologi yang memudahkan segenap sivitas akademik melakukan kegiatan perkuliahan. Seperti e-learning maupun blended, e-digital, SIAKAD, dan beberapa hal lain. Menariknya adalah, sistem dan model tersebut dikelola oleh dosen dan mahasiswa sendiri berbasis jurusan yang ada. Sehingga hal ini meringankan UIKA Bogor apabila terdapat maintenance dibeberapa software yang ada.

Meskipun teknologi memudahkan kehidupan manusia, namun tetap membutuhkan peran aktif manusia itu sendiri untuk mengaplikasannya dengan baik dan bijak. Terutama di bidang pendidikan, e-learning maupun blended, meskipun dimudahkan oleh teknologi dan pencarian materi lewat internet, namun dosen harus tetap menguasai materi dan mampu memotivasi mahasiswa agar semangat dalam belajarnya.

B. Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan merupakan cara jitu dalam proses pengembangan suatu lembaga itu sendiri. Begitu juga dengan UIKA, UIKA merupakan salah satu Universitas yang dalam pengembangannya memanfatkan teknolgi dalam segala kegiatan, mulai dari pemasaran, proses belajara-mengajar berbasis online, pemberian materi kuliah tentang matrikulasi di semester awal, harus publish artcle, pemanfaatan perpustakan digital serta membiasakan mahasiswa untuk mengkritisi data digital dari internet. Itulah beberapa pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan yang diterapkan di UIKA.

Hal inilah yang membuat kita harus melek terhadap teknologi. Dengan tema Technologycal Capital yang memiliki arti Modal Teknologi merupakan komponen dalam segala proses pengembangan serta pemasaran di dalam dunia pendidiakan. Seperti yang diusung oleh Mentri Pendidikan dengan Platfoam Merdeka Belajar. Dalam konsep Merdeka Belajar memiliki tujuan utama, yakni pemanfaatan teknologi dalam segala bidang dan memudahkana pendidik dalam proses belajar-mengajar serta pengembangan diri sebagai pendidika profesional, oleh Karena itulah muncul dalam dunia pendidikan istilah Literasi Digital. Literasi digital sendiri memiliki makna yaitu, pengetahuan serta kecakapan penggunaan serta pemanfaatan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. Kecakapan penggunaan dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai dengan kegunaanya. Inilah salah satu tema yang diusung dalam kegaitan Reality Experiental Study pada tahun ini yaitu Technologycal Capital.

Sejalan dengan PSKP (Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan) yang disampaikan oleh Bapak Ikhya’ Ulumudin yang diselenggarakan di Hall Golden Flower Hotel menyampaikan bahwa PSKP bertanggungjawab dalam penyusunan Strandar Pendidikan, menyusun Rapot Pendidikan, Analisis Evaluasi Kebijakan, UU 20 tahun 2023, tentang PP (Peraturan Pemerintah) 19 tahun 2025, serta PP tahun 2021 SNP (Standar Nasional Pendidikan). Apa yang disampaikan oleh beliau secara garis besar adalah penggunaan teknologi dalam segala lini sangat dibutuhkan, agar mempermudah proses tercapainya standar nasional serta pengolahannya. Adanya PMM (Platform Merdeka Belajar), mengajak para pendidik agar lebih aktif serta penuh dalam pemanfaatan teknologi agar tercapai pendidkan yang baik, sehingga mampu bersaing dengan Negara-negara maju

. Di kegitan REELS, dilanjutkan dengan berkunjung di Farm House dan Great Asia Africa. Pembelajaran berharga yang dapat kami temui yaitu, tentang ketlatenan dalam mengelolah sebuah bahan baku. Seperti Susu segar yang diolah menjadi aneka minuman, makanan dan permen. Pengolahan yang dilakukan dalam proses ini membutuhkan dana serta pemanfaatan teknologi terkini agar susu yang dihasilkan serta hasil olahan susu tersebut dapat secara higenis dan dapat dikembangkan secara baik, hingga mencapai pasar mancanegara. Great Asia Africa, juga menyuguhkan aneka ragam budaya. Bagaimana cara agar kita bisa dan tahu budaya yang ada diluar sana ?, maka jawabannya adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mempromosikan apa yang menjadi ikon atau kekhasan dalam suatu budaya, melalui media social.

C. Peningkatan Kompetensi Bidang Teknologi
Universitas Ibn Khaldun Bogor telah mengidentifikasi pentingnya meningkatkan kompetensi dosen dalam bidang teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di era digital. Dalam upaya ini, pihak Universitas telah mengembangkan strategi yang terintegrasi untuk meningkatkan kompetensi dosen bidang teknologi digital.

Strategi pertama yang diusulkan adalah melalui pelatihan dan pengembangan diri. Dosen diharapkan untuk memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi digital yang relevan dengan pembelajaran, seperti platform pembelajaran online, perangkat lunak produktivitas, multimedia interaktif, dan alat kolaborasi digital. Mereka juga harus dapat memahami cara mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi pengalaman belajar mahasiswa.

Strategi lain yang diusulkan adalah melalui kerjasama antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan lembaga profesional terkait. Dr. H. Abas Mansur selaku Kaprodi Magister PAI UIKA Bogor juga menjelaskan bahwasannya meskipun UIKA Bogor adalah Universitas berstatus Swasta, tetapi UIKA Bogor juga sudah memiliki fasilitas yang di bilang cukup lengkap terkait teknologi digital. Dengan demikian, dosen UIKA Bogor dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di era digital, dan menciptakan generasi yang siap beradaptasi dan berinovasi. Selain itu, Universitas juga berencana untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam pengembangan konten digital yang relevan dan menarik, seperti video pembelajaran, presentasi multimedia, e-book, atau materi. Dengan demikian, dosen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memudahkan mahasiswa dalam mengakses informasi yang relevan. Dalam upaya meningkatkan kompetensi dosen, universitas juga berencana untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam evaluasi dan pemantauan teknologi. Dosen harus dapat mengevaluasi, memilih, dan memanfaatkan alat-alat teknologi yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Dengan strategi-strategi ini, Universitas Ibn Khaldun Bogor berharap dapat meningkatkan kompetensi dosen bidang teknologi digital, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tantangan era digital.

D. Sistem Informasi Akademik
Di dunia akademik SIAKAD telah menjadi bagian integral dari upaya institusi termasuk kampus tersebut untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pengelolaan akademik dan keuangan. Sistem ini dirancang untuk memudahkan proses pengelolaan data akademik dan keuangan, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sumber daya yang tersedia. Dengan menggunakan SIAKAD, UIKA Bogor dapat memantau dan mengelola data akademik, termasuk informasi tentang mahasiswa, dosen, dan program studi. Pemanfaatan SIAKAD di UIKA Bogor juga membantu dalam meningkatkan kualitas pengelolaan akademik dan keuangan dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Sistem ini memungkinkan UIKA untuk memantau dan mengelola data dengan lebih baik, serta memudahkan proses pengelolaan keuangan yang lebih transparan dan akuntabel. Selain itu, SIAKAD juga membantu dalam meningkatkan kualitas pengelolaan akademik dan keuangan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Dalam upaya meningkatkan pemanfaatan SIAKAD di UIKA Bogor, institusi tersebut juga berencana untuk meningkatkan kemampuan dosen dan staf dalam menggunakan sistem ini. Dengan demikian, UIKA dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pengelolaan akademik dan keuangan, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sumber daya yang tersedia.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran yang signifikan atas tercapainya dunia yang terglobalisasi (globalized world). Akses informasi tentang dunia melalui berbagai media tersalurkan dengan cepat, jarak bukan menjadi penghalang, waktu tidak lagi menjadi penghambat. Maka tidak heran jika globalisasi dianggap sebagai suatu keadaan yang menciptakan interkonektivitas. Globalisasi dianggap sebagai sebuah keniscayaan yang mampu membangun kesejahteraan dan membawa hidup ke jenjang yang lebih modern. Namun bagi sebagian kelompok, globalisasi adalah sebuah kegagalan.
Akhirnya dari hasil observasi di UIKA Bogor, kami menemukan bahwa dengan Technologycal Capital inilah salah satu modal utama UIKA dalam mengembangkan dan menumbuhkan kampus secara cepat. Baik dari sisi pembelajaran, komunikasi, budaya kampus, maupun membangun networking pada semua institusi, baik skala nasional maupun internasional.

Dari eksplorasi kekayaan teknologi UIKA di atas kami berharap, Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, segera lari untuk mengejar ketertinggalan khususnya di bidang teknologi secara riel. Budaya akademik yang kompetitif terus digalakkan, Pembelajaran berbais web menjadi tawaran yang menantang, jaringan internasional pendidikan hendaknya segera dilakukan untuk memacu mahasiswa yang haus terhadap perubahan global, produk pendidikan berupa karya inovatif perlu dipacu agar menjangkau standar internasional.

( Reels 2024, Mahasiswa PAI Kelas C )
Koordinator Dr. H. Badrus, M. Pd.I
1. Mohammad Kanzul Fikri
2. Ahmad Muhammad
3. Khuzan Azizi
4. Dio Novanto
5. Muhammad Ahsin Habibulloh
6. Mahmudi
7. Luthfi Adnan
8. Nurul afandi
9. Aditya alfandy