Home Berita Reels 2024 PAI Kelas E : Kreativitas Pengembangan Financial Capital...

Reels 2024 PAI Kelas E : Kreativitas Pengembangan Financial Capital di Perguruan Tinggi

153
0
SHARE

Reels 2024 Pascasarjana UIT Lirboyo kelas PAI 2E – Kreatifitas Pengembangan Financial Capital di Perguruan Tinggi

Pada 19–22 Mei 2024 Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo mengadakan Reality Experiental Study dalam Rangka Membangun Network Capital di beberapa tempat yakni di Universitas Ibnu Khaldun, Farmhouse dan Great Asia Afrika.
Hobi Hobi Hotel – Merupakan salah satu tempat transit sebelum menuju ke kampus UIKA bogor, hobi hobi hotel juga menjadi salah satu tempat transit yang strategis bagi para pengunjung dengan kapasitas yang banyak. Tempat ini memiliki network capital yang baik karena dapat menarik banyak pengunjung dan hanya dengan beberapa jam transit, dengan manajemen tempat dan finansial yang baik, fasilitas yang nyaman, luas, dan pelayanan baik menjadikan pengunjung terkesan dan menjadikan hobi hobi hotel sebagai tempat transit di kemudian hari.

UIKA – Berdasarkan hasil diskusi dengan bapak Dr. H. Abas Mansur Tamam, Lc. M.A memberikan sedikit penjelasan bahwa UIKA menekankan pada Pembangunan trust (kepercayaan), mengetahui need (Kebutuhan dari konsumen) dan give solution (memberikan solusi) pada seluruh mahasiswa, alumni, maupun Masyarakat sekitar. Kepercayaan ini yang kemudian hari sangat bermanfaat bagi pihak kampus karena selain mendapatkan sumber dana dari kemenaag dan kemdikbud jugaa mendapat hibah dari para alumni dan juga Masyarakat sekitar yang sangat mempercayai kampus UIKA.

Farmhouse dan Great Asia Afrika – berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu pegawai di great asia afrika. Peneliti menemukan bahwa farmhouse dan great asia afrika merupakan ladang bisnis dengan satu pemilik dan berbagai pebisnis lainnya. Tempat wisata ini memberikan kesempatan bagi masayarakat setempat untuk membangun bisnis di dalaam wisata farmhouse dan great asia afrika dengan perjanjian 35% hasil diberikan kepada pemilik wisata.

Membangun financial capital dalam konteks perguruan tinggi Islam dengan cara yang halal dapat dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip syariah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dipertimbangkan:

1. Zakat dan Sadaqah: Menggalang dana dari para donatur atau masyarakat umum melalui kontribusi zakat dan sadaqah. Perguruan tinggi dapat meminta sumbangan sukarela dari individu atau perusahaan yang ingin menyumbang untuk pendidikan.
2. Investasi yang Sesuai dengan Syariah: Melakukan investasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, seperti investasi dalam saham-saham syariah, obligasi syariah, atau investasi properti yang sesuai dengan hukum Islam.
3. Mendapatkan Dana dari Pemerintah atau Lembaga Filantropi: Mencari dana dari pemerintah atau lembaga filantropi yang mendukung pendidikan Islam atau proyek-proyek yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.
4. Kemitraan dengan Institusi Keuangan Islam: Bermitra dengan lembaga keuangan Islam untuk mendapatkan pembiayaan atau investasi dalam skala besar yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
5. Mengembangkan Proyek Kewirausahaan: Mengembangkan proyek kewirausahaan di bidang yang halal dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah untuk menghasilkan pendapatan tambahan bagi perguruan tinggi.
6. Menerapkan Model Pendanaan Mudharabah atau Musharakah: Melibatkan pihak lain dalam proyek-proyek pendanaan melalui model seperti mudharabah (bagi hasil) atau musharakah (bersama) yang sesuai dengan hukum Islam.
7. Menggalang Dana dari Alumni: Meminta dukungan finansial dari alumni perguruan tinggi melalui donasi sukarela, program dana pendampingan, atau pembangunan infrastruktur kampus.

Kedamaian finansial bukanlah perolehan barang. Ini adalah belajar untuk hidup dengan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan, sehingga Anda dapat mengembalikan uang dan memiliki uang untuk diinvestasikan. Anda tidak bisa menang sampai Anda melakukan hal ini.” – Dave Ramsey

( Reportase Reality Experiental Study dalam Rangka Membangun Financial Capital Oleh Kelompok 3 )

Dosen Pembimbing: Dr. H. Ahmad Fauzi, Lc, MHI
Kelompok 3 Kelas PAI E Pascasarjana UIT Lirboyo Kediri:
1. Achmad Roysul Rohim
2. Akhmad Syairul Mufid
3. Amam Mubarok Dawam
4. Arif Juli Setiawan
5. Nur Cholim