Home Berita Rapat Kerja Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia (APAISI) X Tahun 2023

Rapat Kerja Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia (APAISI) X Tahun 2023

125
0
SHARE

MOJOKERTO – Rapat kerja asosiasi pascasarjana agama Islam swasta Indonesia (APAISI). Rapat kerja ini dilakukan setahun sekali, dengan mengusung isu-isu strategis terkait pengembangan perguruan tinggi, khususnya swasta Islam di Indonesia. Perguruan tinggi Islam swasta Islam di Indonesia memiliki peran yang cukup strategis dalam kontribusinya mencerdaskan kehidupan Bangsa. Rakernas APAISI X mengusung tema penguatan kelembagaan pendidikan tinggi Islam dalam peningkatan manajemen berbasis penjaminan mutu dan kampus Merdeka era society 5.0 pada abad 21. Penguatan kelembagaan pendidikan tinggi Islam dapat ditempuh melalui world class university (WCU). Topik ini menjadi bahan diskusi pada rapat kerja nasional APAISI di Pacet Mojokerto.

Rapat kerja asosiasi pascasarjana agama Islam swasta Indonesia (APAISI) yang dilakukan selama dua hari. Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri turut hadir, yakni Dr. H. Abbas Sofwan MF, LL.M. selaku Direktur. Dr. Tri Prasetiyo Utomo, M.Pd.I. selaku Kepala Program Studi S2 Pendidikan Agama Islam. Dr. H. Badrus, M.Pd. selaku wakil rektor bagian akademik Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri. Dr. Suko Susilo, M.Si. Dosen Pascasarjana sekaligus Penasehat APAISI.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APAISI dilakukan secara kontinue. Rakernas APAISI berkontribusi positif terhadap pengambangan perguruan tinggi keagamaan Islam swasta se Indonesia. Melalui kegiatan ini akan terjalin komunikasi, jaringan, MoU, dan tindaklanjut dari kerjasama tersebut di berbagai lini atau bidang pendidikan di perguruan tinggi. Rakerna APAISI 10 ini menghasilkan beberapa program kerja, yakni pertama, seminar internasional yang akan dilaksanakan di tiga negara (Singapora, Malaysia, dan Thailand). Kedua, pelatihan dan pendampingan akreditasi Internasional. Ketiga, strategi dan Solusi problematikan akreditasi. Keempat, Lembaga Setifikat Profesi (LSP). Kelima, Penulisan jurnal terindeks scopus. Keenam, SPMI sebagai dasar pijakan akreditasi di LAM dan BAN PT. Berbagai program yang telah dicetuskan tersebut akan ditindaklanjuti secara periodik di berbagai PTKIS angggota APAISI. Salah-satu program tersebut, yakni Lembaga Setifikat Profesi (LSP) akan dilaksanakan di Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

Kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APAISI dilaksanakan selama tiga hari, yakni 15 sampai 17 Desember 2023. Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APAISI dilaksanakan di Dyandra Hotel Surabaya. Pada sesi pembukaan digelar orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Masykuri Bakri, M.Si., selaku ketua APAISI dan Prof. Dr. Imron Arifin, M.Pd., Sekjend APAISI. Pada kesempatan pembukaan tersbut juga disampaikan orasi ilmiah oleh Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag. Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah sekaligus tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APAISI 10 di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota APAISI. Rakernas yang dipimpin langsung oleh Ketua APAISI Dr. Masykuri Bakri, M.Si. Didampingi oleh sekjend dan sekretaris mendapat apresiasi yang cukup positif dari seluruh anggota APAISI. Masing-masing delegasi dari Program Pascasarjana Keagamaan Islam Swasta Indonesia berkontribusi aktif dalam menyampaikan ide, gagasan, dan usulan program.

Kesempatan yang bergengsi ini memberikan ragam keilamuan yang bermanfaat bagi masing-masing perguruan tinggi keagamaan Islam, khususnya program pascasarjana. Melalui forum APAISI akan terjadi sinergi, kerjasama, dan kolaboratif yang saling memberi manfaat guna mencapai kualitas atau mutu pengelolaan perguruan tinggi berbasis keagamaan. Jadi, Rakernas APAISI X yang diselenggerakan di Pacet Universitas Abdul Chalim menjadi media jalinan kerjasama untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi keagamaan Islam swasta se-Indonesia.