Home Berita Mahasiswa Pascasarjana dan Fakultas Syariah Universitas Islam Tribakti Terpilih sebagai Panelis AICIS...

Mahasiswa Pascasarjana dan Fakultas Syariah Universitas Islam Tribakti Terpilih sebagai Panelis AICIS 2023

508
0
SHARE

SURABAYA – Pascaalih status dari Institut ke Universitas, eksistensi Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri semakin kokoh di forum akademik tingkat internasional. Terbukti, dua mahasiswa aktif terpilih sebagai panelis dalam ajang bergengsi Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) Tahun 2023 yang digelar di Surabaya, 2-5 Mei 2023. Adalah Robbah Munjiddin Ahmada dan Ahmad Najmuddin yang berhasil mengikuti seleksi hingga terpilih untuk mempresentasikan karyanya di gelaran AICIS.

Robbah mempresentasikan naskah dengan judul “Interaction Fiqh dan Public Policy in the Dihliz al-Ghazali Perspective” dalam panel Dynamic Interaction Between Fiqh and Public Policy. Sementara Ahmad Najmuddin mempresentasikan naskah “Strengthing Data Privacy: Syntesis of Islamic Law and Communicative Theory by Jurgen Habermas” dalam panel Digital Humanity and Islamic Law.

Sebagaimana diketahui, AICIS merupakan agenda tahunan Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. AICIS menjadi ajang berkumpulnya para akademisi lintas kampus baik dalam maupun luar negeri, untuk mendiskusikan gagasan dan mengembangkan keilmuan-keilmuan Islam. AICIS tahun 2023 mengusung tema besar Rekonstekstualisasi Fikih, tepatnya, “Recontextualizing Fiqh for Humanity and Suistainable Peace”.
Atas capaian dua mahasiswa menjadi panelis di forum AICIS ini, Dr. H. Abbas Sofwan MF, S.H.I., LL.M. (Direktur Pascasarjana Universitas Islam Tribakti) turut bangga dan memberikan apresiasi, termasuk dukungan agar pengembangan keilmuan bisa berjalan secara konsisten. Beliau menuturkan, “AICIS tahun 2023 menjadi bukti bahwa Perguruan Tinggi swasta berbasis pesantren seperti Universitas Islam Tribakti, mampu memainkan peran penting di forum internasional. Terlebih tema besar AICIS tahun ini adalah fikih yang sangat akrab bagi kalangan pesantren. Forum semacam ini adalah kesempatan emas guna meningkatkan kualitas akademik, termasuk membangun jaringan antar akademisi untuk pengembangan keilmuan yang berkelanjutan”.

Keikutsertaan mahasiswa Universitas Islam Tribakti di forum AICIS bukanlah pertama kali. Tercatat, pada AICIS tahun 2022 lalu, civitas akademik kampus di bawah naungan Pesantren Lirboyo ini juga turut menyumbangkan gagasan-gagasannya. Hal ini menjadi pertanda, bahwa ekosistem akademik telah terbangun dan dapat memacu pengembangan keilmuan untuk semakin meneguhkan spirit kampus dalam menginisiasi “integrasi keilmuan berbasis pesantren”.